Breaking News

12 Objek Wisata di Kota Cilegon



ANABERITA.COM, Cilegon menyimpan banyak pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rekomendasi tempat wisata di Cilegon populer untuk lengkapi liburanmu!

Wisata Cilegon - Cilegon merupakan sebuah kota yang berada di ujung Pulau Jawa. Dikenal sebagai kota industri, Cilegon ini ternyata memiliki beragam destinasi wisata. Beberapa diantaranya adalah destinasi wisata alam seperti pantai dan laut.

Tersimpan banyak tempat wisata yang beragam, Cilegon bisa jadi destinasi wisata untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan. Terutama jika kamu warga Jakarta yang bosan dengan tempat-tempat di sekitar Jakarta, kamu bisa berkunjung ke Cilegon karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Tak mau kalah dengan tempat wisata lainnya di kota-kota besar, Cilegon juga punya tempat wisata lainnya kok. Tidak hanya pantai dan lautan saja. Untuk kamu pecinta tempat wisata alam, kamu wajib untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di Cilegon yang memiliki pesona alamnya masing-masing.

Apakah kamu tertarik untuk menghabiskan waktu di akhir pekan di Cilegon? Berikut ini adalah rekomendasi destinasi wisata Cilegon yang sedang hits untuk liburan. Simak ulasan selengkapnya!

Destinasi Wisata di Cilegon

1. Pesona Pulau Merak Kecil
Pulau Merak Kecil letaknya sangat berdekatan dengan Pulau Merak Besar. Disebut Pulau Merak Kecil karena memang ukurannya lebih kecil dibanding Pulau Merak Besar. Namun, Pulau Merak Kecil ini lebih terurus dibandingkan dengan Pulau Merak Besar.

Pulau Merak Kecil dikenal dengan berbagai biota laut dan keindahan karang di lautannya. Jika kamu tertarik untuk melakukan snorkeling, bisa dilakukan di Pulau Merak Kecil ini. Kamu bisa melihat secara langsung biota laut yang cantik dan indah itu.

Untuk sampai ke Pulau Merak Kecil dari Pantai Mabak, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 10.000 untuk biaya menyebrang. Kamu akan menyebrang sekitar 10 menit untuk sampai ke Pulau Merak.

2. Pulau Merak Besar
Rekomendasi wisata alam Cilegon yang pertama adalah Pulau Merak Besar. Pulau ini berada di sisi barat Pulau Jawa. Lokasi tepatnya berada di Tamansari, Kabupaten Cilegon, Banten. Pulau ini merupakan pulau yang rimbun dengan pepohonan karena memang difungsikan sebagai hutan lindung.

Jika kamu sempat untuk berkunjung ke Pulau Merak Besar kamu pun tidak akan menyesal. Pesona alamnya yang indah dan udaranya yang sejuk membuat kamu betah di Pulau Merak Besar.

Sebenarnya, Pulau Merak Besar ini sepi pengunjung dikarenakan jalur penyebrangan yang agak berbahaya karena banyak kapal laut yang berlalu lalang. Namun jika kamu berkunjung kesini kamu akan mendapatkan pemandangan yang tak biasa. Kamu seperti mengunjungi pulau yang benar-benar tidak pernah dikunjungi.

Untuk sampai ke Pulau Merak Besar kamu perlu membayar biaya penyebrangan sekitar Rp 25.000 per orang, pulang-pergi penyebrangan dan memakan waktu sekitar 20 menit berangkat dari Pantai Mabak.

3. Pantai Kelapa Tujuh
Wisata Kota Cilegon yang satu ini kerap kali dikunjungi keluarga karena memang banyaknya fasilitas untuk bermain anak-anak. Setiap kali berlibur ke Pantai Kelapa Tujuh biasanya para keluarga menyiapkan berbagai perlengkapan piknik dan rekreasi seperti membawa bekal dan baju ganti.

Meskipun begitu, bagi kamu yang belum berkeluarga, juga masih tetap bisa menikmati destinasi wisata di Cilegon satu ini. Segala macam olahraga air yang ditawarkan seperti banana boat bisa jadi pilihan seru untuk kamu dan teman-teman.Lokasi Pantai Kelapa Tujuh tidak jauh dari gerbang tol Jakarta-Merak. Kurang lebih 9 km saja!

4. Pantai Pulorida
Selain Pantai Kelapa Tujuh juga terdapat Pantai Pulorida yang berjarak 4 km dari Pelabuhan Merak dan bisa jadi alternatif pilihan wisata di Cilegon yang tak kalah menarik.

Pantai Pulorida ini terkenal akan ombaknya yang tenang sehingga cocok untuk kamu kunjungi bersama anak-anak.

5. Bukit Batu Gambir
Destinasi tempat wisata di Cilegon lainnya yang tak kalah seru untuk dijelajahi adalah Bukit Batu Gambir yang terletak di Pulomerak. Dinamakan Bukit Batu karena objek wisata Cilegon ini sebenarnya adalah batu granit yang amat besar. Untuk bisa mencapai puncak bukit dan menikmati panorama indah dari atas objek wisata Cilegon in, kamu harus melewati trek yang cukup panjang dan terjal. Jadi, persiapkan mental dan fisikmu, ya

Banyak orang datang ke objek wisata di Cilegon ini untuk menghirup udara segar dan mendaki perbukitannya dalam rangka olahraga. Trekking di Bukit Batu Gambir ini akan membawamu pada pemandangan luar biasa yang membentangkan panorama pelabuhan Merak dari atas bukit. Sambil sejenak melepas lelah setelah trekking pemandangan laut yang menenangkan seakan membuat enggan kembali pulang!

6. Gunung Batu Lawang
Selain Bukit Batu Gambir, masih ada lagi gunung batu yang kerap menjadi destinasi wisata di Kota Cilegon yaitu Gunung Batu Lawang. Berada di daerah yang dinamakan Grogol, Gunung Batu Lawang ini juga menghadirkan nuansa hijau yang segar serta suasana pantai yang tak jauh dari sini. Dari atasnya kamu bisa melihat sederetan gunung-gunung tinggi di Provinsi Banten. Pemandangan yang dijamin akan segarkan pikiranmu.
7. Gunung Batur
Berbeda dengan bukit dan gunung batu, Gunung Batur adalah destinasi wisata pegunungan di Cilegon dengan jalur pendakian gunung pada umumnya. Namun, tidak perlu khawatir kesulitan mendaki karena jalan menuju puncaknya sudah diaspal alias sudah jalan rata sehingga lebih mudah menapakkan kaki. Dari pusat kota Cilegon, kamu cukup menempuh 8 km saja untuk sampai di kaki Gunung Batur yang berlokasi di Pulomerak.

Lalu dari kaki gunung hingga puncak butuh waktu 4-5 jam jalan kaki. Kalau kamu ingin menginap di objek wisata Cilegon pastikan membawa peralatan camping yang lengkap ya. Jika tidak kamu tidak perlu sampai puncak, di kaki gunung kamu bisa berekreasi untuk sekadar piknik, jogging atau bermain gantole.

8. Istana Pasir Temiang / Istana Pasir Cilegon
Istana Pasir Cilegon merupakan objek wisata yang unik dan ikonik di Cilegon. Seringkali disebut sebagai istana negeri dongeng, Istana Pasir Cilegon ini memang membentuk sebuah istana besar dari pasir.

Pasir ini bukan berasal dari pantai, melainkan dari sisa tambang pasir. Lokasinya juga berada di daerah bekas pertambangan, tepatnya di Lebakdenok, Kec. Citangkil, Kota Cilegon, Banten. Istana Pasir Cilegon ini menjadi spot foto instagramable yang sedang hits dan ramai dikunjungi.

Selain istana pasir raksasa yang menjadi spot foto, disana juga terdapat kolam renang umum, taman bunga, dan wahana-wahana semisal flying fox dan sebagainya. Untuk kamu yang berencana liburan di akhir pekan bersama keluarga, tempat ini menjadi salah satu pilihan yang tepat!

9. Situ Rawa Arum
Sering dijadikan lokasi foto pre-wedding, Situ Rawa Arum memang menawarkan latar belakang alam yang berbeda. Cocok sekali untuk kamu yang suka foto dengan konsep unik. Menghabiskan waktu di tempat wisata Cilegon ini bersama keluarga dan sahabat, kamu bisa memancing atau mengitari danaunya dengan kapal.

Hal yang membuat Situ Rawa Arum menarik adalah kisah di baliknya. Ada yang bilang objek wisata di Cilegon ini menebarkan aroma harum di malam hari. Disebut-sebut legenda tokoh besar di daerah itu yang mengawali adanya mitos tersebut.

Jangan khawatir karena suasana di sekitarnya tidak mistis. kok. Bahkan sangat menenangkan. Duduk di tepi danau melihat tenangnya air dan hamparan sawah serta gunung di pelupuk mata membuat kamu bisa melupakan segala penat di keseharianmu.

Lokasi: Jl. Kp. Tegal Wangi No.62, Rw. Arum, Kec. Gerogol

10. Cilegon Green Waterpark
Kalau kamu berniat untuk ke Cilegon membawa anak-anak, destinasi wisata di Cilegon yang pas untukmu adalah Cilegon Green Waterpark. Kolam renang dengan berbagai fasilitas ini sudah pasti membuat liburanmu dan keluarga tambah seru. Beragam jenis kolam renang serta sarana permainan anak lainnya menjadi daya tarik tersendiri destinasi wisata keluarga di Cilegon satu ini.

Lain dengan waterpark yang ada di ibu kota, Cilegon Green Waterpark menawarkan nuansa yang lebih dekat dengan alam. Bayangkan saja di sekitar destinasi wisata Cilegon dengan luas 1 hektar ini terdapat sawah hijau yang menghampar.

Lokasi: Komplek Cilegon Green Megablok Blok E, Jl. A. Yani, Cibeber, Kec. Cibeber
Beberapa alternatif wisata keluarga di Cilegon lainnya yang bisa kamu kunjungi antara lain:
Krakatau Jungle Park
Lokasi : Jl. Kyai H. Yasin Beji, Kebondalem, Kec. Purwakartan
Krakatau Country Club
Lokasi : Jalan KH. Marzuki, Desa Kebondalem, Kecamatan Purwakarta
11. Alun-Alun Kota Cilegon
Untuk kamu yang ingin mencoba wisata malam di Cilegon, cobalah untuk mengunjungi Alun-alun Kota Cilegon di malam hari. Alun-alun Kota Cilegon memang lebih ramai ketika malam hari karena banyak sekali pedagang kaki lima yang berjualan di sana.

Mirip-mirip seperti sedang mengunjungi pasar malam. Paling menariknya adalah terdapat banyak pilihan kuliner kaki lima yang bisa kamu beli disana. Selain jalan-jalan di sekitar alun-alun, kamu juga bisa sambil kulineran.

12. Bukit Teletubies Cilegon
Bukit Kembang Kuning atau seringkali disebut sebagai Bukti Teletubbies, merupakan objek wisata unik yang sedang ramai dikunjungi. Bukit Teletubbies merupakan salah satu objek wisata di Cilegon yang menyuguhkan pemandangan alam padang rumput hijau dan terdapat bukit di sana.

Objek wisata yang satu ini ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berfoto atau sekedar menikmati suasana alam disana. Disebut sebagai Bukit Teletubbies karena padang rumput hijau dan bukitnya mirip sekali dengan bukit di sebuah serial TV anak-anak yaitu Teletubbies. Bukit Teletubbies ini lokasinya berada di Kawasan Suralaya, Pulomerak, Cilegon.

13. Waduk Krakatau Steel
Waduk Krakatau Steel merupakan waduk yang dibuat oleh PT Krakatau Steel untuk pengaliran air ke rawa dan danau lainnya. Berjarak dekat dengan Istana Pasir Cilegon, kamu bisa langsung mengunjungi dua tempat wisata yang hits ini.

Waduk ini seringkali menjadi tongkrongan orang-orang sekitar sana karena memiliki pemandangan yang indah. Ada yang sekedar duduk di pinggir waduk, ada juga yang sengaja mendatangi waduk ini untuk berfoto karena pemandangan pada latarnya sangat bagus. Lokasi Waduk Krakatau Steel berada di Kecamatan Citangkil, Cilegon, Banten.

14. Pantai Pasir Putih Anyer
Kamu menyukai wisata pantai? Cobalah untuk berkunjung ke Pantai di Anyer. Anyer, Cilegon ini sudah banyak dikenal dengan wisata pantainya yang indah. Pantai di Anyer selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama di hari libur. Salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Pasir Putih Anyer.

Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan di pantai ini. Seperti menaiki banana boat, snorkeling, atau sekedar bermain di tepi pantai saja. Untuk masuk ke Pantai Pasir Putih Anyer, kamu hanya perlu membayar biaya per kendaraan saja. Untuk motor akan dikenakan biaya Rp 20.000 per motor. Sedangkan untuk mobil akan dikenakan biaya Rp 150.000 per mobil.

15. Krakatau Jungle Park
Objek wisata yang satu ini berada dibawah naungan perusahaan BUMN, yaitu PT Krakatau Steel. Krakatau Jungle Park merupakan objek wisata yang berkonsep taman di tengah kota.

Taman ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Berada di tengah kota, taman ini memiliki banyak pohon rindang di sekitarnya. Krakatau Jungle Park bisa kamu kunjungi di siang hari maupun malam hari. Ketika di malam hari, taman ini akan lebih ramai dikunjungi.


Type and hit Enter to search

Close