Breaking News

Fahmi Hakim; Ramadhan itu Bulan Produktif

 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Fahmi Hakim saat silaturahim bersama warga Kecamatan Cikuesal, Senin (18/03/2024). Dok/Foto:Ifash

Salah satu peristiwa penting di bulan Ramadhan pada era modern di Tanah Air adalah hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Di mana, waktu tersebut bertepatan dengan 9 Ramadan 1364 hijriah," kata Fahmi.

Penulis: Fash | Editor: Karnoto

ANABERITA.COM. Ramadhan bukan menjadi alasan untuk tidak produktif dalam kerja. Namun sebaliknya, Ramadhan justru harus menjadi momentum kita semakin produktif dari bulan - bulan biasanya.

Demikian dikatakan Fahmi Hakim, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten saat silaturahim bersama ratusan warga Kecamatan Cikeusal, Senin (16/03/2024).

Menurut politisi Partai Golkar ini, dalam sejarahnya banyak peristiwa bersejarah dan fonemonal justru terjadi pada Bulan Ramadhan, salah satunya adalah Hari Kemerdekaan Indonesia.

"Salah satu peristiwa penting di bulan Ramadhan pada era modern di Tanah Air adalah hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Di mana, waktu tersebut bertepatan dengan 9 Ramadan 1364 hijriah," kata Fahmi.

Dikutip dari buku Api Sejarah 2 tulisan Prof Ahmad Mansur Suryanegara, saat itu, dalam kalender 1945, 17 Agustus bertepatan dengan hari Jumat Legi, tanggal 9 Ramadhan 1364. Ini berarti umat Islam di seluruh dunia sedang dalam melaksanakan ibadah shaum.

Naskah teks proklamasi yang dituliskan oleh Bung Karno dan diketik oleh Sajoeti Melik, serta ditandatangani Bung Karno dan Bung Hatta dilakukan pada saat waktu makan sahur shaum Ramadhan 1364.

Untuk itu, kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Serang ini, Ramadhan sejatinya dimaknai sebagai bulan produktif bukan justru menjadi bulan mencari alasan untuk tidak produktif.

"Memang tidurnya orang berpuasa Ramadhan itu ibadah, tapi alangkah lebih baiknya kita manfaatkan untuk produktifitas sehingga memiliki manfaat yang jauh lebih besar untuk ummat," kata Fahmi.

Masih menurut Fahmi, Al Qur'an juga diturunkan pada Ramadhan, yaitu 17 Ramadhan sehingga sebagai malam turunnya Al-Qur’an atau disebut juga Nuzulul Qur’an. Umat Islam di Indonesia banyak dilakukan amaliah-amaliah pada malam itu.

Hadir dalam silaturahim tersebut Airin Rachmi Diany, mantan Wali Kota Tangerang Selatan yang juga bakal calon Gubernur Banten dari Partai Golkar. 

Type and hit Enter to search

Close